Sabtu, 19 Oktober 2013

pentingnya pendidikan

     Berbicara tentang pendidikan kita semua pasti sudah tahu bahwa betapa pentingnya hal tersebut.Pendidikan,kemampuan,pengetahuan merupakan salah satu modal yang kita miliki untuk hidup di zaman yang serba sulit ini.Mengapa dikatakan demikian?Kita tentu sudah bisa menjawabnya,apa hal pertama yang dilihat bila kita ingin mengajukan surat lamaran perkerjaan?Apa yang kita butuhkan ketika ingin memulai suatu bisnis atau usaha Tentu saja pendidikan,kemampuan,wawasan dan pengetahuanlah yang kita butuhkan.Pendidikan merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain untuk member pertolongan dan memiliki tujuan yang lebih baik.
     Untuk itu pendidikan merupakan keharusan bagi setriap manusia karena diantara fungsi pendidikan adalah memanusiakan manusia, dalam artian seseorang yang terdidik akan mengenal dirinya masyarakat dan alam sekitar, yang puncaknya akan sadar terhadap posisi dirinya yaitu sebagai khalifah di bumi ini.
     Pendidikan akan mampu merubah manusia, tatanan masyarakat, tidak jarang masyarakat yang mampu dan bertaraf ekonomi tinggi adalah golongan orang yang terdidik begitu juga sebaliknya orang-orang yang terlantar, kaum miskin, kebanyakan kadar pendidikan rendah.
     Jadi pendidikan begitu penting untuk Bagi masa depan yang cerah, karena kesejahteraan hidup akan diperoleh dengan jalan menempuh pendidikan yang lama, baik itu kesejahteraan hati/kesejahteraan hati dan menjalani kehidupan, menempuh kesejahteraan finasional/materi.
     Pendidikan mempunyai tujuan, yaitu kemampuan untuk berkembang sehingga bermanfaat untuk kepentingan hidup, untuk mencapai tujuan itu pendidikan melakukan usaha yang terencana dalam memilih isi (materi), strategi, dan tegnik penilaian yang sesuai, baik kegiatan pendidikan yang dilakukan dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat (formal dan non formal).
     Namun pendidikan tidak hanya memiliki fungsi seperti diatas, tapi juga memiliki fungsi-fungsi secara garis besar fungsi pendidikan dibagi menjadi 2, pertama secara mikm (sempit) ialah membantu (secara sandar) perkembangan jasmana dan rohani peserta didik. Fungsi pendidikan yang kedua secara makm (luas) adalah sebagai berikut:
  1. Pengembangan pribadi
  2. Pengembangan warga Negara
  3. Pengembangan kebudayaan
  4. Pengembangan bangsa
     Pada masa Mendidik ialah memberi tuntunan, bantuan, pertolongan kepada peserta didik di dalam pengertian member tuntunan ialah tersimpul suatu dasar pengakuan bahwa anak (pihak yang diberi tuntunan) memiliki daya-daya (potensi) untuk berkembang. Potensi ini secara berangsur-angsur tumbuh dan berkembang dari dalam diri anak untuk menjamin berkembangnya potensi-potensi anak menjadi lancer dan terarah, diperlukan pertolongan tuntunan dari luar. Jika unsur pertolongan tidak ada maka potensi tersebut tetap tingal potensi beka yang tidak sempat diaktualisasikan.
pada definisi-definisi pendidikan yang telah dibahas di depan, jelas bahwa fungsi pendidikan ialah :
  1. Mengembangkan kemampuan sikap dan tingkah laku dalam masyarakat.
  2. Untuk memahami tujuan hidup yang efektif dan efisien.
  3. Untuk mempengaruhi anak mempunyai sifat dan tabi’at.
  4. Untuk memperkembangkan kemampuan social dan kemamuan individu yang optimum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Etika & Profesionalisme TIS (Contoh Kasus IT Forensik & Tools dalam Forensik IT)

Contoh Kasus IT Forensik Pada tanggal 29 September 2009, Polri akhirnya membedah isi laptop Noordin M. Top yang ditemukan dalam penggre...