Jumat, 08 April 2016

Contoh Skripsi

1.      Skripsi: Dwi Nuraini yang berjudul “Pembuatan Aplikasi jadwal kereta api dan angkutan umum kota Depok berbasis Mobile”

2.      Abstrak: Kota Depok sebagai kota yang berbatasan langsung dengan wilayah Ibukota Jakarta tentunya menghadapi berbagai permasalahan perkotaan, diantaranya masalah kemacetan. Sebagai daerah penyangga Kota Jakarta, Kota Depok membutuhkan sarana transportasi yang memadai selain kendaraan pribadi. Salah satu transportasi penting yang menunjang keberhasilan aktivitas masyarakat adalah kereta api dan angkutan umum. Selain ekonomis dan cepat, kereta api dan angkutan umum juga alat transportasi yang mudah dijangkau dan ditemukan. Namun jadwal kereta api dan angkutan umum yang tersedia cukup banyak, sehingga pengguna kesulitan dalam mengetahui jadwal pemberangkatan kereta api dan angkutan umum. Hal ini disebabkan tidak adanya informasi yang jelas tentang jadwal dan jalan-jalan yang dilalui kereta api dan angkutan umum. Oleh karena itu, untuk menangani masalah ini dibuatlah sistem informasi pembuatan aplikasi jadwal kereta api dan angkutan umum Depok Cyber City berbasis mobile dengan nama KA & Angkutan Umum Depok untuk mempermudah dalam aktivitas kehidupan sehari – hari. Sehingga semakin banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan umum, semakin efektif pula penggunaan jalan raya dan dapat mengurangi kemacetan jalan raya. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan J2ME. J2ME itu sendiri adalah suatu perangkat lunak installer yang merupakan bahasa pemrograman yang dikhususkan untuk pembuatan aplikasi pada handphone. Dengan menggunakan Wireless Toolkit 2.5.2. sebagai teks editor. Aplikasi ini berisikan menu kereta api, menu bus antar kota dan menu angkutan kota Depok Cyber City. Di dalamnya terdapat gambar peta perjalanan kereta api dan jadwal kereta api rute bogor dan rute lintas kota, jadwal bus antar kota dan trayek angkutan kota Depok Cyber City. Dengan demikian user diharapkan dapat mengetahui informasi jadwal dan peta kereta api rute bogor dan rute lintas kota, jadwal bus antar kota dan trayek angkutan kota Depok Cyber City dengan mudah dan efisien dengan memanfaatkan handphone.

3.      Tujuan : Untuk memberikan informasi jadwal dan peta kereta api rute bogor dan rute lintas kota, jadwal bus antar kota dan trayek angkutan kota Depok Cyber City kepada masyarakat, yang selanjutnya diharapkan dapat memberikan informasi yang mudah dan efesien dengan memanfaatkan handphone.

4.      Manfaat Penelitian :  Untuk membantu masyarakat untuk mengetahui jadwal dari perjalanan kereta api dan angkutan umum  kota depok. Sehingga semakin banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan umum, semakin efktif pula penggunaan jalan raya dan dapat mengurangi kemacetan jalan raya.
5.      Teori yang digunakan :
·         Java
Java merupakan Bahasa pemograman yang dikembangkan dengan mengunakan Bahasa C. Java diciptakan oleh James Gosling dan Patrick Naughton dalam suatu proyek dari sun Microsystems sekitar tahun 1991.

·         J2ME(Java2 Micro Edition)
Java2 Micro Edition atau yang biasa disebut J2ME adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakan perangkat lunak Java pada barang elektronik berserta perangkat pendukungnya.

·         J2ME Wireless Toolkit
J2ME Wireless Toolkit adalah kakas yang menyediakan lingkungan emulator, dokumentasi berserta contoh-contoh aplikasi java untuk perangkat kecil (small device). J2ME WTK berbasiskan pada CLDC dan MIDP. J2ME WTK adalah program yang meniru kerja ponsel yang mendukung MIDP atau yang bias disebut  emulator. Oleh karena itu, belum tentu MIDlet yang berjalan di emulator juga berjalan pada ponsel yang sebenarnya, karena juga bergantung pada kemampuan dan kapasitas ponsel yang digunakan.

·         Struktur navigasi
Struktur navigasi berfungsi untuk dapat menggambarkan dengan jelas hubungan dan rantai kerja seluruh elemen-elemen yang akan digunakan dalam aplikasi. Dengan struktur navigasi, pembuatan sebuah aplikasi dapat lebih sistematis dan mudah, karena sudah mengetahui alur dari aplikasi.Struktur navigasi dikelompokkan menjadi empat struktur yang berbeda, yaitu sebagai berikut:
1.      Navigasi Linier
2.      Navigasi Hirarki
3.      Navigasi Non Linier
4.      Navigasi Composite (Campuran)

·         UML
UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah strandar Bahasa pemodelan untuk aplikasi berorientasi objek untuk visualisasi, merancang dan medokumentasikan pemodelan system pada system pinalti lunak.

6.      Metode yang digunakan:
Metode penulisan dalam program ini yaitu:
1.      Perencanaan
·         Menganalisa kebutuhan informasi mengenai jadwal dan peta kereta api rute bogor dan rute lintas kota, jadwal bus antar kota terminal Depok dan trayek kota Depok. Dengan melakukan pencarian data-data di internet.
·         Pemilihan Bahasa pemograman Java, khususnya Java2 micro Edition (J2ME).
·         Memilih media yang akan digunakan, yaitu: perangkat keras yaitu satu unit laptop pribadi, handphone yang memiliki fitur java dan perangkat lunak Wireless Toolkit 2.5.2 sebagai text editor dan compiler.
2.      Perancangan
Konsep peracangan output digambar, kemudian di aplikasi ke dalam program yang akan ditampilkan dalam emulator Java.
3.      Implementasi
Langkah selanjutnya, program disusun atas suatu kelas dengan deretan kode program yang sesuai dengan output yang ingin ditampilkan.
4.      Testing dan Validasi
Setelah kode program disusun, dilakukan pengkompilasian apakah program berjalan tanpa error pada emulator. Jika masih terdapat error maka dilakukan revisi terhadap kode program yang memiliki nilai kesalahan. Jika sudah tidak ada kesalahan saat program berjalan pada emulator, aplikasi di uji coba ke dalam handphone.

7.      Hasil Penelitian :

8.      Kesimpulan:
Penulisan skripsi ini menghasilkan aplikasi handphone “KA & Angkutan Umum Depok”. Aplikasi ini berisi informasi mengenai jadwal dan peta kereta api rute bogor dan rute lintas kota, jadwal bus kota dan trayek angkutan kota Depok Cyber City yang dapat diakses melalui handphone. Dengan adanya aplikasi ini diharapan dapat membantu user mengetahui jadwal dari perjalannan kereta api dan angkutan umum Depok.

9.      Daftar pustaka
[1] Budi Raharjo, Imam Heryanto, dan Arif Haryono, Tuntutan Pemograman Java untuk Handphone, Informatika, Bandung 2010.
[2] Hafizah Nurhady, System Design and Implementasi : Introduction to Unified Modellng Language (UML), Depok, 2006.
[3] Irwan, 12 Aplikasi Java Mobile, Maxikom, Palembang, 2009.
[4] M.Shalahuddin Rosa A.S. , Pemograman J2ME Belajar Cepat Pemograman Perangkat Telkomunikasi Mobile, Informatika, Bandung, 2008.
[5] Yuniar Supradi, Pemograman Handphone dengan J2ME, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2008.
[6] URL :http://poss.ipb.ac.id/files/JENI-J2ME-Bab01 Pengembangan%20Aplikasi%20Mobile.pdf,7April2011.
[7] URL :http://www.krl.co.id/index.php/Info-Jadwal-KA-Commuter.html, 30 Juni 2011
[8] URL :http://iklandepok.blogspot.com/2010/10/nomor-trayek-angkutan-dalam-kota-depok.html, 30 Juni 2011.
[9] URL :http:/www.depok.go.id/profil-kota/sejarah, 18 Juli 2011.

Sumber di ambil dari skripsi Dwi Nuraini yang berjudul Pembuatan Aplikasi jadwal kereta api dan angkutan umum kota Depok berbasis Mobile.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Etika & Profesionalisme TIS (Contoh Kasus IT Forensik & Tools dalam Forensik IT)

Contoh Kasus IT Forensik Pada tanggal 29 September 2009, Polri akhirnya membedah isi laptop Noordin M. Top yang ditemukan dalam penggre...