Komunikasi adalah sebuah interaksi atau
penyampaian pesan (berupa informasi atau berita) dari seseorang kepada orang
lain. untuk terjadi komunikasi adalah adanya dua orang atau lebih. Orang
pertama berfungsi sebagai pengirim berita, sedangkan orang kedua dan seterusnya
berfungsi sebagai penerima berita. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting
dalam kehidupan, karena hanya melalui komunikasi individu/kelompok dapat
memahami individu/kelompok lain agar tidak terdapat kesalahan dalam penerimaan
informasi.
Jenis
Komunikasi
1.
Komunikasi Searah,
yaitu komunikasi yang datang hanya dari satu pihak saja, sedangkan pihak yang
lain hanya menjadi penerima.
2.
Komunikasi Dua Arah,
yaitu penerima dapat berubah fungsi menjadi pengirim berita, sedangkan pengirim
dapat menjadi pnerima berita
Struktur Komunikasi
1.
Jenis Bintang : Dalam
jenis ini, ada satu orang yang menjadi pusat komunikasi dan setiap individu
yang ingin berhubungan dengan individu lainnya harus melalui pusat itu terlebih
dahulu.
2.
Jenis Hubungan Langsung
: Dalam jenis ini, setiap individu dapat berbicara langsung dengan individu
lainnya pada setiap saat yang ia kehendaki sendiri
Komunikasi Efektif dan Implikasi Manajerial
Komunikasi efektif adalah saling
bertukar informasi, ide, kepercayaan, sikap, dan perasaan antara dua individu
atau kelompok yang kemudian menghasilkan sebuah perubahan sikap (attitude
change) pada individu atau kelompok yang terlibat dalam komunikasi tersebut
artinya komunikator dan komunikan saling memiliki pengertian yang sama mengenai
suatu informasi/berita. Implikasi
manajerial ialah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan
kapasitas, kualitas, efesiensi, dan efektivitas melalui sumber daya yang ada. Jadi implikasi
manajerial memiliki arti Proses Pengambilan Keputusan Partisipatif Dalam
Organisasi manajerial yang baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar